TENTANG KORPS MARINIR INDONESIA

MARINIR INDONESIA 300x199 TENTANG KORPS MARINIR INDONESIASaat anda menyelesaikan sekolah pelayaran anda dan anda ingin melanjutkan karir anda dibidang pelayaran, maka akan ada banyak pilihan yang bisa anda pilih. Selain perusahaan pelayaran, anda juga bisa mencoba membangun karir di militer angkatan laut. Salah satu korps terkenal dari angkatan laut adalah korps Marinir. Bila anda ingin bekerja dibidang militer ini, maka, tak salah bila kita membicarakan mengenai satuan ini.

Sejarah Korps Marinir Indonesia

Hari lahir korps Marinir Indonesia jatuh pada tanggal 15 November 1945. Awalnya, tidak ada ide untuk membentuk korps ini. Akan tetapi, di salah satu pangkalan kapal angkatan laut, yaitu Pangkalan IV ALRI Tegal, terdapat tulisan Corps Mariniers. Oleh karena itu, tanggal ini dijadikan tanggal lahirnya salah satu satuan angkatan laut. Akan tetapi, korps Marinir sendiri baru diakui sebagai bagian dari satuan militer angkatan laut setelah ada SK Menteri Pertahanan No. A/565/1948 yang dikeluarkan pada tanggal 9 Oktober 1948 dengan nama Korps Komando. Salah satu satuan pelayaran yang paling tangguh di AL ini akhirnya mendapatkan nama Marinir kembali pada 15 November 1975, setelah ada SK Kepala Staf Angkatan  Laut No. Skep/1831/XI/1975.

Hal Unik Dari Korps Marinir

Mungkin bila anda mengikuti diklat pelayaran, anda tidak akan menemui informasi mengenai hal-hal unik tentang satuan angkatan laut ini. Tapi, kita akan membicarakan disini. Hal unik pertama adalah semboyan Korps Marinir. Semboyan Korps Marinir adalah Jalesu Bhumyamca Jayamahe. Jangan salah dengan semboyan TNI AL Jales Veva Jaya Mahe yang artinya dilautan kita Berjaya. Semboyan korps Marinir ini artinya Di Laut dan Darat Kita Jaya. Jadi, area yang dilindungi oleh korps ini adalah semua area di negara kita ini. Selain semboyan, jumlah korps Marinir saat ini juga sangat unik. Dihitung pada tahun 2011, jumlah korps Marinir adalah 17,000 personel. Banyak anggota TNI AL yang bergurau bahwa jumlah mereka sama dengan jumlah pulau di Indonesia, artinya, tiap personel menjaga tiap pulau. Akan tetapi, ada lowongan kerja pelayaran yang dibuka untuk korps Marinir dan mereka berencana meningkatkan jumlah personel mereka hingga 60,000 dimasa yang akan datang.

Share Donk Capt....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

/****/