TEKNOLOGI DAN CARA KERJA KAPAL SELAM

KAPAL SELAM INDONESIA 300x178 TEKNOLOGI DAN CARA KERJA KAPAL SELAMKapal selam adalah satu jenis kapal yang memiliki fitur untuk dapat bergerak di bawah permukaan air. Kapal selam pada umumnya digunakan untuk keperluan militer angkatan laut mengingat fiturnya yang membuat kapal selam tidak terlihat dari permukaan sehingga kegiatan pengintaian dan penyerangan dapat dilakukan dengan lebih baik. Selain untuk kepentingan militer, terdapat pula jenis kapal selam non militer yang digunakan oleh sekolah pelayaran atau diklat pelayaran untuk mempermudah penelitian atau riset bawah laut. Kapal selam jenis ini biasanya berukuran lebih kecil tanpa dilengkapi dengan senjata atau fitur militer lainnya. Terdapat pula kapal selam yang dapat digunakan sebagai sarana perdagangan oleh beberapa perusahaan pelayaran penyedia lowongan kerja pelayaran, namun hal tersebut sangat jarang dijumpai.

Teknologi kapal selam

Berdasarkan teknologi motor penggeraknya, kapal selam dapat dikelompokkan menjadi kapal selam disel elektrik dan kapal selam nuklir. Kapal Selam Diesel Elektrik. Kapal selam dengan motor diesel elektrik telah lama digunakan dan merupakan yang tertua saat ini. Kepal selam jenis ini memiliki sistem propursi yang sangat handal dan lebih mematikan jika dibandingkan dengan kapal selam nuklir. Sedangkan pada kapal selam nuklir, uranium digunakan sebagai sumber utama energi penggerak turbin. Ide pemanfaatan uranium sebagai energi penggerak turbin ini dikemukakan oleh Dr. George Pegram dari Columbia University sekitar enam bulan sebelum perang dunia II terjadi.

Cara kerja kapal selam

Pada dasarnya, dalam hal pengoperasian kapal selam menggunakan hukum Archimedes sebagai patokannya yang berbunyi “Jika suatu benda dicelupkan ke dalam sesuatu zat cair, maka benda itu akan mendapat tekanan keatas yang sama besarnya dengan beratnya zat cair yang terdesak oleh benda tersebut”. Di dalam kapal selam terdapat sebuah tangki bernama tanki balast yang digunakan sebagai tempat pentimpanan air dan udara. Tanki balast ini merupakan sebuah alat vital yang membuat kapal selam dapat mengapung dan menyelam secara dinamis dan statis dalam pelayaran. Pada saat kapal selam dalam posisi mengapung, tanki balast akan dibuat terisi penuh dengan udara sehingga kapal akan menjadi lebih ringan dan dapat mengapung. Sementara pada saat kapal selam dalam posisi menyelam, tangki balast akan dipenuhi dengan air laut yang dipompa masuk kedalam melalui bagian bawah kapal sehingga kapal dapat tenggelam.

Share Donk Capt....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Dibaca Juga Donk Capt....close
/****/